Saturday, November 15, 2014

MUSIK PROGRAM DAN MUSIK ABSOLUT





Halo para pecinta musik seni. Kali ini saya ingin membahas hal yang sangat penting untuk kalian ketahui jika berada di bangku kuliah semester awal ya (khususnya untuk mahasiswa jurusan pendidikan seni musik).
Dalam musik seni, pasti sering mendengar istilah musik program juga musik absolut. Disini akan dijelaskan pengertian dua hal tersebut.


PENGERTIAN MUSIK PROGRAM DAN MUSIK ABSOLUT
~ Musik Program (Programe Music) merupakan musik yang bercerita / bercerita lewat musik yang diperdengarkan kepada audience sehingga pendengar dapat merasakan apa yang hendak disampaikan komponisnya. Musik program diciptakan atas sebuah peristiwa, latar belakang, atau bisa juga diciptakan berdasarkan sejarah hidup komponis. Musik soundtrack juga termasuk jenis musik ini, karena mengandung sebuah cerita.
~ Musik Absolut (Absolute Music) merupakan kebalikannya, karena musik ini diciptakan tanpa cerita/sejarah/latar belakang yang menjadi dasar. Intinya, musik ditempatkan pada sentral. Banyak juga digunakan untuk kepentingan latihan teknik (pada instrumen apapun). Seperti Etude, Minuette, Rondo, Prelude, Fugue, dan sejenisnya.
Di zaman Baroque, jenis musik program sebenarnya sudah ada. Contoh musik program pada saat itu adalah Four Seasons karya Antonio Vivaldi. Karya ini terdiri dari empat bagian: 1. Spring, 2. Summer, 3. Autumn, 4. Winter.
Vivaldi menuangkan perasaannya terhadap musiknya saat dia menikmati hari dimana musim-musim itu tiba. Pada saat Winter (musim dingin), Vivaldi bercerita bagaimana dia menggigil diantara lapisan salju, saat diterpa angin yang begitu menusuk kulit sampai gigi bergemelutuk (pada movement I, Allegro non Molto), kemudian dilanjutkan dengan kisah peristirahatan didalam rumah, menghangatkan tubuh didekat tungku perapian, sementara diluar sana manusia masih berkutat dengan guyuran hujan (movement II, Largo), dan terakhir diceritakan saat dia berjalan menyusuri tempat berpijak yang dilapisi es dengan perlahan-lahan, sedikit kuatir es itu akan pecah, namun tiba-tiba terjatuh, bangkit kembali dengan langkah cepat menuju rumah (movement terakhir, Allegro). Secara keseluruhan Vivaldi ingin menggambarkan keceriaannya menikmati setiap musim yang tiba.
Namun, pada saat itu musik program sendiri belum dikenal. Pada saat zaman romantik lah musik program menjadi lebih trend. Hector Berlioz disebut sebagai pelopornya dimasa romantik. Beliau menciptakan musik tanpa dasar ilmu musik itu sendiri, tanpa bentuk apapun. Beliau menciptakan musiknya berdasarkan rasa, pengalaman yang dialaminya.
Sekian dahulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.
(Source: Karl Edmund Prier sj, 2008, Sejarah Musik 2.
Another books that i forgot who wrote it).

No comments:

Post a Comment